oleh

Fakultas Hukum Unika Mamuju Sukses Gelar Ujian Skripsi Secara Online

BelajangNews Virus Corona yang terus meluas di Indonesia membuat berbagai elemen memutuskan untuk mengikuti arahan pemerintah dengan melakukan work from home atau bekerja di rumah. Termasuk dunia pendidikan di Kabupaten Mamuju Sulbar yang juga menerapkan belajar di rumah.

Mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi negeri mauapun swasta semuanya menerapkan belajar di rumah. Sebab, dengan pembatasan jarak atau sosial distancing menjadi satu langkah yang paling tepat untuk menekan penyebaran virus tersebut.

Beberapa langkah untuk tetap melanjutkan proses belajar mengajar pun dilakukan dengan sistem daring.  Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Hukum, Universitas Tomakaka Mamuju, sebanyak 11 orang Mahasiswa Hukum mengikuti ujian skripsi berbasis digital atau daring.

Dekan Fakultas Hukum Unika Mamuju, PADLI,S.HI.,M.H.  mengatakan dengan adanya wabah Corona ini sebagai warga negara Indonesia, harus taat pada instruksi pemerintah, surat edaran rektor, untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh termasuk ujian, sehingga Fakultas Hukum Unika melaksanakan seminar judul dengan sistem jarak jauh.

“Dengan demikian kita bisa mencegah penularan virus di kalangan mahasiswa maupun dosen dan proses pembelajaran tidak terganggu, tetap berjalan secara online” ujarnya

Sementara itu, Muh. Al.Habsy Ahmad. S.H.,M.H ketua panitia pelaksana ujian menyebutkan bahwa keputusan pelaksanaan ujian skripsi berbasis digital yang di gelar oleh pihak pengelola fakultas hukum Universitas Tomakaka Mamuju, selain sebagai upaya mendukung gerakan pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran covid 19, hal ini juga berdasarkan pada  pemajuan konsep pendidikan yang akan diperbarui di tiap tahunnya.

Foto Muh. Al.Habsy Ahmad. S.H.,M.H ketua panitia pelaksana

“Selain covid 19 pelaksanaan ujian berbasis digital ini di harapkan mampu membuat mahasiswa siap dalam menghadapi persaingan industri 4.0 sekarang ini”. Kata Al.Habsy

Masih katanya, Tetapi pada intinya terlepas dari virus Corona ini pelaksanaan ujian berbasis digital akan tetap dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pekerja-pekerja yang akan mampu bersaing di era industri sekarang ini.

Selamat pada para mahasiswa yang menjadi  pelopor dari ujian berbasis digital ini. “mari ciptakan kemajuan walaupun kita tengah dilanda wabah sekalipun”. Pungkasnya

Dalam keadaan yang terbatas dan situasi yang sulit akibat wabah Covid-19 ini, Fakultas Hukum Unika Mamuju berhasil menyelenggarakan kegiatan ujian Skripsi / Proposal Judul yang baru pertama kali diselenggarakan secara online.

Pelaksanaan ujian dengan menggunakan aplikasi tersebut berjalan lancar laiknya ujian skripsi pada umumnya. Mulai pemaparan materi ujian, sampai dengan tanya jawab pertanyaan yang diajukan oleh para dosen penguji.(Busman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *