oleh

Ini Penelusuran Cek Fakta Belajang Soal “Kasus Telur Rebus” Hoax

Wahhh, ada – ada saja, kali ini tim cek Fakta Belajangtv.com akan mencari fakta soal “kasus telur”, jadi ceritanya seperti ini, pada dini hari warga Sulselbar dihebohkan dengan informasi bahwa ada sosok anak yang baru dilahirkan dan langsung bisa bicara, hehehe “lucukan”. Lalu si anak ini katanya  mengucapkan  “mama, mama jangan lupa telur rebus, 1 orang satu, jam 12 malam”. Ditirukan dari video yang viral

Sebelumnya saya melaksanakan sholat subuh berjamaah di  mesjid, setelah saya keluar dari mesjid seorang teman saya menyampaikan seperti ini, “Busman kamu dari beli telur yah”. Kata teman saya, perkataannya membuat saya pusing, lalu saya sampaikan inikan kita baru selesai sholat, untuk apa telur, kata ku.

“wooo, belum buka Facebook kah, tadi malam ini lagi viral, ada anak ajaib baru lahir langsung bicara, katanya penangkal Virus Corona, 1 orang satu makan telur rebus” ujar seorang teman

Lalu kemudian saya tersenyum, “ada foto atau video anak yang viral itu” kata ku, kemudian sontak saya sampaikan bahwa aaa itu paling hoax, dan bisa jadi itu strategi penjual telur, dan ini akan berefek pada penegakan hokum karena yang dia perbuat salah, apatalagi klo sudah membuat orang resah.

Singkat cerita setelah sampai rumah saya dan teman – teman cek fakta Belajangtv.com membuka dan menelusuri beranda facebook dan akhirnya kami menemukan foto ini.

 

Dengan meliat foto ini langsung saya tertawa, wah mana ada anak baru lahir rambutnya sudah seperti anak yang usianya 5 bulan, belum lagi giginya sudah seperti gigi dewasa. Hehehe

Setelah tim cek fakta menulusuri google aplikasi penulusuran foto dan video yang mirip dengan anak tersebut. Dan akhirnya tim cek fakta belajangtv.com menemukan sejumlah foto dan video anak yang viral.

Video anak tersebut viral diluar negeri dengan konsep berbeda, diluar negeri anak ini menggunakan soundtrack music.

Video tersebut lalu di upload ke facebook dengan nama facebook Ya ni Chingas, selain itu juga di upload pengguna youtube atas nama ifr itt serta ditemukan dibeberapa akun social media luar negeri, video tersebut mulai viral sejak bulan februari lalu.

Video tersebut kemudian dimanfaatkan oleh penyebar hoax “Telur Rebus” video tersebut di edit ulang lalu suaranya diganti.

Tim cek fakta Belajangtv.com berpesan kepada kita semua untuk bijak bersosial media, jangan muda mempercayai infomasi atau berita yang tidak jelas sumbernya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *