oleh

Kerupuk Jamur Tiram, Manjadi Makanan Khas Desa Bejod

BelajangNews – Kerupuk Jamur Tiram  merupakan makanan ringan yang terbuat dari Jamur Tiram. Kerupuk Jamur Tiram  ini salah satu hasil dari komunitas  kewirausahaan pemuda desa Bejod, dan sekarang menjadi cemilan unik khas Desa Bejod, Wanasalam, Lebak Banten.

Kerupuk jamur tiram ini mempunyai rasa yang sangat pas di lidah tidak kalah dengan kerupuk – kerupuk yang lain, bahkan kerupuk ini mempunyai ciri khas tersendiri.

Adapun proses produksinya, pertama, membersihkan jamur Tiram (bahan baku), kedua, menghaluskan, ketiga, penyiapan adonan, keempat, memasak atau memanaskan bahan baku, kelima, proses pembentukan, lalu proses penjemuran, pengemasan, setelah itu baru dipasarkan.

Selain itu, komposisi atau penyedap rasa yang dibutuhkan, yaitu garam, masako, ketumbar, bawang putih, dan tanpa bahan pengawet.

Biasanya, hasil produksi ini dijual ke warung warung Masyarakat disekitar desa Bejod dan wilayah kecamatan Wanasalam.

Selain itu, Kepala Desa Bejod, Bapak. Rohmat mengungkapkan, dirinya turut berbangga melihat Para Pemuda yang memiliki keinginan untuk  Berwirausaha ini juga  merupakan bagian dari pengembangan wirausaha muda yang berbasis kemandirian.

“Saya bangga melihat mereka ( Pemuda ) yang memiliki ide kreatif dalam pengembangan ekonomi Kreatif.  Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi generasi muda maupun masyarakat yang lainnya,” Tutur Kepala Desa Bejod saat diajak berbincang.

Lebih Lanjut. Rohmat, sampaikan sebetulnya masih banyak potensi Alam yang bisa dikembangkan didaerah tempat kelahirannya ini. Misal, pisang, talas, ubi, kopi, buah-buahan dan lainnya. Memang, kata dia, itu membutuhkan modal ide kreatif dan inovatif, untuk mengembangkan dan mengelolanya, supaya dapat menghasilkan kualitas produk yang berkualitas.

Laporan : Ijang Haidar (Biro Provinsi Banten)

jangan Lupa Kunjungi Akun Kami dan Klik  subscriber.  https://www.youtube.com/channel/UCGruA-zK6ym_xMdx9i9thuQ?view_as=subscriber

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *