oleh

Siti Syahrani Yusuf : anak – anak Sulawesi Barat harus berani menjadi Pelopor dan Pelapor

Belajangtv.com – Forum Anak Nasional (FAN) adalah organisasi anak yang dibina oleh pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

Forum Anak tahun ini mengusung tema “Kita Beda, Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju” Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini Forum Anak Nasional yang diselenggarakan di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan tepat ‘Satu Dekade’ mengabdi untuk Anak Indonesia.

Dengan adanya Forum Anak Nasional, penyaluran suara anak dan hak-hak anak dari seluruh penjuru nusantara agar dapat di dengar dengan sebaik-baiknya.

Forum Anak Nasional yang diselenggarakan dari tanggal 19 sampai dengan 22 Juli 2019 bertempat di Four Point by Sheraton, Makassar telah mempertemukan kurang lebih 500 anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk mendiskusikan suara anak tahun 2019.

Anak sebagai pelapor dapat melaporkan hal-hal yang dialami diri sendiri atau teman sesama anak ketika terjadi pelanggaran terhadap hak-hak anak. Sedangkan anak sebagai pelopor, anak dilibatkan dalam perencanaan pembangunan, di dengar pendapat, suara, dan ide-ide kreatifnya dalam pembangunan.

Siti Syahrani Yusuf Delegasi Forum Anak Nasional asal Kabupaten Mamuju, Provinsi  Sulawesi Barat saat dihubungi lewat via Whatshap mengatakan Pada Forum Anak Nasional tahun ini hadir berbagai kalangan mulai dari Kementerian,lembaga, akademisi, hingga dunia usaha.

Foto perwakilan Forum Anak Sulawesi Barat pada kegiatan Forum Anak Nasional tahum 2019 di Makassar

Lebih lanjut, siti sampaikan pada kesempatan ini ada Forum anak dibekali materi, Materi tersebut merupakan gambaran dari lima klaster dalam konvensi hak anak, yaitu hak sipil dan kebebasan, keluarga dan pengasuhan alternative, kesehatan dan kesejahteraan social, pendidikan, waktu luang dan kegiatan budaya, dan perlindungan khusus.

“Lima klaster itu dijabarkan ke dalam 13 isu yang telah dipelajari oleh seluruh peserta Forum Anak Nasional 2019”. katanya

Isu-isu tersebut adalah kesiapsiagaan bencana, pencegahan dampak negatif teknologi, informasi dan komunikasi, perkawinan usia anak, pengasuhan alternatif, serta perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian, anak bertubuh kerdil, kesehatan mental, terorisme, tindak pidana perdagangan orang, perlindungan khusus bagi anak pekerja migran, kewirausahaan daring dan keberanian untuk berkata jujur.

Forum Anak Nasional merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2019.

Saya berharap dengan adanya Forum Anak, dapat ditempatkan sebagai subjek pembangunan, bukan lagi objek pembangunan. Dan juga kepada seluruh anak Indonesia, khususnya Sulawesi Barat agar dapat menjadi Pelopor dan Pelapor untuk menjadi teladan bagi lingkungan dan dirinya sendiri dari segala macam bentuk diskriminasi dan eksplotasi terhadap anak. harapannya

“Mari kita lindungi anak-anak Indonesia, penuhi haknya dan dengarkan seluruh ide dan inovasi nya. Karena masa depan bangsa terletak pada kualitas generasi penerusnya”.tutupnya

Selamat Hari Anak Nasional untuk Seluruh Anak INDONESIA!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *